Pengelolaan Kebun TKD PT KAL Jadi Percontohan

26 Sep 2015 01:40:20 13

KETAPANG – PT Kayung Agro Lestari (KAL) melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasaan Pengelolaan Kebun TKD dengan Pemerintah Desa Laman Satong, Kecamatan Matan Hilir Utara (MHU), di Hotel Onyx Ketapang, Rabu (23/9) lalu. PT KAL mengalokasikan kebun TKD masing-masing 6 hektare bagi desa yang bermitra. Hal ini sesuai dengan amanat Bupati Ketapang melalui Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 27 Tahun 2009. Hal ini merupakan itikad baik dan komitmen perusahaan, untuk turut serta memajukan dan mendukung pemerintahan desa.

Draf perjanjian kerja sama ini telah dibahas beberapa kali yang melibatkan pemerintahan desa, kecamatan, dan BPMD. Pembahasan draf perjanjian ini bukan semata-mata merupakan produk hukum, namun prosesnya juga merupakan bagian dari pemberdayaan pemerintahan desa secara partisipatif. Hak-hak dan kewajiban masing-masing pihak, secara terbuka dibahas dan dituangkan dalam  perjanjian.

Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Sutrisno, menegaskan, dari sekian banyak perusahaan perkebunan kelapa sawit di Ketapang, baru ada dua perusahaan yang sudah menandatangani perjanjian kerja sama kebun TKD. “Khusus PT KAL menarik, karena penandatanganan ini merupakan inisiatif dari perusahaan, bukan karena desakan masyarakat yang meminta dibangunkan kebun TKD,” pujinya.

Hadir dalam acara penandatangan ini, antara lain Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah; Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD), Kepala Bidang Perlindungan Dinas Perkebunan, staf Bagian Hukum Sekretariat Daerah, staf Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah, dan Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Ketapang. Masing-masing instansi memberikan tanggapan dan masukan terhadap substasi perjanjian, dan lagi-lagi apresiasi diberikan kepada PT KAL atas inisiatif mereka.

Kepala BPMD Kabupaten Ketapang, Muslismin, mempertanyakan kembali kepada pihak Desa Laman Satong, apakah sudah mengerti dan menyetujui isi perjanjian tersebut, tanpa paksaan dari pihak manapun, khususnya menyangkut biaya pembangunan. Untuk biaya pembangunan, PT KAL tidak mengagunkan sertifikat TKD.

Kepala Desa Laman Satong, Victor Sriyanto, mengatakan, telah memahami dan menyetujui isi perjanjian. Pihak desa, ditegaskan dia, justru merasa bersyukur, karena pihak perusahaan telah berinisiatif untuk membangunkan dan menguruskan perijinan kebun TKD Laman Satong. “Hal ini menandai adanya keseriusan pihak PT KAL dalam memajukan Desa Laman Satong,” kata Victor.

Terkait biaya pembangunan kebun TKD, Slamet Haryono sebagai perwakilan PT KAL, menyampaikan jika penyelenggaraan kebun TKD harus tetap mengikuti perundang-undangan yang berlaku, dalam hal ini Perbup Nomor 27 Tahun 2009. Hal ini, menurut dia, berarti aspek tata kelola maupun pembiayaannya mengacu dengan pola kemitraan. Tidak ada paksaan dari perusahaan kepada pemerintahan desa untuk menandatangani perjanjian ini.

Camat MHU, Edy Prayitno, mengatakan, kerja sama antara PT KAL dan Desa Laman Satong dalam mengelola kebun TKD ini diharapkan menjadi contoh bagi perusahaan-perusahan lainnya di Ketapang. “Diharapkan juga desa-desa lainnya segera menyusul untuk dilakukan penandatangan TKD,” saran Edy. (Ser)

FOTO BERSAMA: Usai penandatangan kerja sama pengelolaan kebun TKD di Hotel Onyx Ketapang, Rabu (23/9) lalu, pihak PT KAL, pihak Desa Laman Satong, serta Pemda Ketapang berfoto bersama. ISTIMEWA

FOTO BERSAMA: Usai penandatangan kerja sama pengelolaan kebun TKD di Hotel Onyx Ketapang, Rabu (23/9) lalu, pihak PT KAL, pihak Desa Laman Satong, serta Pemda Ketapang berfoto bersama. ISTIMEWA

==================================================

*TKD : Tanah Kas Desa

Sumber : http://pontianakpost.co.id/url/pengelolaan-kebun-tkd-pt-kal-jadi-percontohan

About Slamet Haryono

Hak cipta dilindungi oleh YANG MAHA PENCIPTA. Silahkan dibaca, mengutip sebagian atau keseluruhan dari setiap tulisan dalam blog ini untuk tujuan non komersial wajib menyertakan sumber dan nama penulis secara lengkap, serta digunakan dengan penuh tanggungjawab. Sedangkan untuk tujuan komersial silahkan hubungi saya melalui slamethdotkom@yahoo.com

Posted on September 28, 2015, in Artikel and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: