Tentang Menjadi Positif dan Pencapaian Objektif

http://positiveleadership.fr/Setiap pribadi mempunyai keunikan, sehingga dengan objektif yang sama, sangat besar kemungkinan diperoleh hasil yang berbeda. Rancangan program dapat dilaksanakan secara baik, tentu disertai pelaporan yang baik pula

Menjadi Positif dapat dimaknai sebagai suatu keadaan yang harmonis. Ruang lingkup paling kecil adalah keharmonisan diri, dengan kata lain orang biasa menggunakan bahasa energi positif. Lingkup yang lebih luas adalah lingkungan keluarga dan lingkungan sekitar pekerjaan kita.

Bahasa Positif

Penggunaan bahasa positif akan membantu melatih diri kita untuk menciptakan iklim positif. Sebagai contoh ketika menyatakan ketidaksetujuan lebih  baik menggunakan kalimat tanya dengan alternatif yang lain misalnya “Apakah tidak lebih baik…..?” contoh lain lagi “Bagaimana kalau….” Kalimat tersebut lebih positif digunakan daripada kita mengatakan “Saya tidak setuju” atau “Itu tidak bisa”.

Kita Diantara Mereka

Sudut pandang kita sebagai komunikator dalam mencapai objektif suatu program sangat penting. Kedudukan kita diantara rekan kerja dan bawahan yang diletakkan secara proporsional tentu akan menentukan kualitas dari program yang kita jalankan. Suatu perintah bisa mendarat lebih efektif dalam suasana yang tidak mengedepankan jarak birokratis dan struktural. Rekan kerja dan bawahan akan memberikan kontribusi pemikiran yang akan dituntaskan sebagai tim, bukan sebagai atasan yang memeberikan perintah sebagai bawahan.  Anggota dan rekan kerja akan merasa lebih nyaman ketika kontribusinya diperhitungkan, sehingga ada rasa memiliki bukan karena sebatas menjalankan perintah atau adanya imbalan yang menanti. Sudah barang tentu hal ini tidak bisa langsung jadi, perlu kompromi dengan waktu dan dateline.

Kesadaran vs Aturan

Mengembangkan kebiasaan positif bukan berarti maklum terhadap pelanggaran, namun terdapat mekanisme manusiawi yang masih mungkin dilakukan daripada sekedar mengikuti aturan. Sudah barang tentu dalam sebuah organisasi penting adanya ketertiban dan keteraturan, jauh lebih baik jika budaya kerja yang positif tercipta sehingga tidak bergantung dengan aturan namun dengan sedirinya berjalan sesuai aturan. Dengan kata lain masing-masing anggota mempunyai kesadaran untuk mencapai objektif, bukan terpaksa mencapai objektif dengan mengikuti aturan.

Bagaimana Memulainya?

Akan lebih baik kita mulai dari diri kita sendiri, sekarang juga. Sempatkan waktu untuk sendiri, menyadari keberadaan kita disini. Beberapa orang melakukannya dengan meditasi, namun tidak harus begitu, masing-masing kita mempunyai cara kita sendiri untuk memmbangun relasi dengan sumber kehidupan dan sesamanya. Mengapa dari diri sendiri? Karena dari diri kita sendirilah yang akan menghadirkan kebiasaan positif dengan ketulusan. Bukan dengan kamuflase atau basa-basi semata.

Beban pekerjaan tentunya akan menyisakan residu energi negatif, kita sendirilah yang harus bisa mengelolanya. Demikian juga kita ketika berhadapan dengan rekan kerja, masyarakat maupun instansi pemerintah. Jika kita tidak berhasil mengelolanya tentu akan menjadi hambatan internal dalam mencapai objektif yang ditetapkan.

Kita sebagai duta perusahaan, ketika kita bisa menghadirkan iklim yang positif akan mencerminkan perusahaan yang positif. Kebiasaan positif yang dikembangkan dalam beberapa hal dapat memuluskan tercapainya objektif tanpa adanya pelicin. Kebiasan positif orang per orang, akan menghasilkan iklim kerja yang positif dan budaya perusahaan yang positif. Tidak ada salahnya menjadi positif, apakah bisa begitu?

About Slamet Haryono

Hak cipta dilindungi oleh YANG MAHA PENCIPTA. Silahkan dibaca, mengutip sebagian atau keseluruhan dari setiap tulisan dalam blog ini untuk tujuan non komersial wajib menyertakan sumber dan nama penulis secara lengkap, serta digunakan dengan penuh tanggungjawab. Sedangkan untuk tujuan komersial silahkan hubungi saya melalui slamethdotkom@yahoo.com

Posted on February 5, 2015, in Artikel and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: