Analisis Protein Spesifik Tembakau Srinthil

1. PENDAHULUAN

Tembakau srinthil merupakan salah satu bentuk dari tembakau rajangan dari daerah Kedu dengan kualitas istimewa. Keistimewaan tembakau tersebut terletak pada ke-khas-an rasa yang dimiliki juga karena proses terbentuknya yang tidak tentu dan begitu alami tanpa campur tangan manusia, sehingga oleh masyarakat sekitar peristiwa tersebut masih dianggap sebagai keajaiban alam atau supranatural. Oleh karena prosesnya yang tidak menentu serta keunggulan rasa yang dimiliki, menyebabkan tembakau srinthil mendapatkan harga di pasaran yang jauh lebih tinggi dari pada tembakau rajangan biasa.

Pada industri rokok keberadaan tembakau srinthil dalam racikan turut menentukan kualitas rasa rokok yang dihasilkan. Sementara itu jumlah tembakau srinthil yang ada di pasaran sangat tidak menentu. Oleh karena itu penelitian tentang peristiwa terbentuknya tembakau srinthil sangatlah diperlukan dengan harapan proses terbentuknya tembakau srinthil dapat dikendalikan.

Penelitian ini merupakan penelitian awal dalam upaya mencari tahu lebih banya tentang peristiwa terjadinya tembakau srinthil. Sebagai titik tolak dalam penelitian ini di fokuskan pada kandungan protein teutama untuk mengetahui kandungan protein yang secara khas terdapat pada tembakau srinthil selama proses pemeraman. Dengan harapan jika  telah diketahui protein yang secara spesifik pada tembakau srinthil dapat dirunut sumber dari protein tersebut, apakah protein tersebut merupakan hasil dari proses metabolisme tembakau itu sendiri ataukah melibatkan organisme dari luar. Lebih lanjut jika sumber dari protein tersebut dapat diketahui maka dimungkinkan cara untuk merekayasa baik secara genetik ataupun lingkungannya. Namun demikian dalam penelitian ini akan dibatasi pada upaya mencari tahu keberadaan protein yang secara spesifik terdapat pada tembakau srinthil.

Untuk mengetahui keberadaan protein yang secara spesifik terdapat pada tembakau srinthil menggunakan metode pemisahan berdasarkan kemampuan dari protein dengan berbagai ukuran untuk melewati bidang pemisah dengan kerapatan tertentu yang didorong dengan tenaga listrik. Secara khusus menggunakan teknik elektoforesis gel. Teknik ini digunakan dengan pertimbagan pada pengerjaan prosedur yang tidak terlalu rumit serta biaya operasional yang tidak terlalu tinggi dengan akurasi hasil yang tinggi.

***

Untuk lebih mengenai rancangan penelitian ini silahkan download disini.

About Slamet Haryono

Hak cipta dilindungi oleh YANG MAHA PENCIPTA. Silahkan dibaca, mengutip sebagian atau keseluruhan dari setiap tulisan dalam blog ini untuk tujuan non komersial wajib menyertakan sumber dan nama penulis secara lengkap, serta digunakan dengan penuh tanggungjawab. Sedangkan untuk tujuan komersial silahkan hubungi saya melalui slamethdotkom@yahoo.com

Posted on July 25, 2006, in Science and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: