Studi Eksplorasi Keragaman Mikroorganisme Pada Pemeraman Tembakau Srinthil Di Desa Tuksari

1. Latar Belakang

Tembakau srinthil merupakan tembakau rajangan dengan kualitas istimewa yang khas dari  daerah kedu. Keistimewaan tembakau ini adalah pada keunggulan citarasa dan aroma dibandingkan dengan tembakau  jenis lainnya, sehingga banyak digunakan sebagai saus rokok. Keistimewaan lain pada tembakau ini adalah frekuensi terjadinya sangat kecil sehingga menyebabkan harganya menjadi sangat mahal. Tembakau srinthil sangat jarang dijumpai dipasaran, mengingat tidak setiap tahun dihasilkan tembakau srinthil meskipun jenis tembakau, tanah, dan cara pengolahan yang sama.

Terjadinya tembakau srinthil tidak dapat ditentukan ataupun diprediksi oleh petani, mengingat antara tembakau rajangan yang biasa dan tembakau srinthil tidak banyak perbedaan. Sejak ditanam sampai diperam umur dua hari tidaklah tampak suatu perbedaan yang nyata, baru setelah usia pemeraman tiga hari terdapat perbedaan yang nyata yaitu tumbuhnya kapang pada permukaan daun. Munculnya kapang tersebut oleh masyarakat setempat digunakan sebagai tanda akan terjadinya tembakau srinthil.

Melihat potensi serta keunikan yang dimiliki oleh tembakau srinthil memberikan inspirasi untuk dilakukanya penelitian yang dapat meberikan penjelasan mengenai terjadinya tembakau srinthil. Pada laporan ini akan dibahas mengenai beberapa mikroorganisme yang terdapat pada pemeraman tembakau srinthil.

***

Untuk lebih lengkapnya download disini.

About Slamet Haryono

Hak cipta dilindungi oleh YANG MAHA PENCIPTA. Silahkan dibaca, mengutip sebagian atau keseluruhan dari setiap tulisan dalam blog ini untuk tujuan non komersial wajib menyertakan sumber dan nama penulis secara lengkap, serta digunakan dengan penuh tanggungjawab. Sedangkan untuk tujuan komersial silahkan hubungi saya melalui slamethdotkom@yahoo.com

Posted on July 28, 2004, in Science and tagged , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: