Mimpi tentang Master Plan LK UKSW

Kawan-kawan seperjuangan dan pimpinan Lembaga Kemahasiswaan yang terhormat.

Barangkali dalam beberapa hari terakhir anda telah melihat, mendengar banyak hal yang miring dan nggak miring tentang diri saya berkenaan dengan pencalonan saya. Boleh jadi apa yang anda ketahui tersebut benar adanya. Saya yang hanya seorang Slamet tentunya mempunyai segudang kelemahan yang belumlah tampak, sangatlah manusiawi jika pada pada kesempatan ini saya meminta kawan-kawan pimpinan Lembaga Kemahasiswaan bersatu padu untuk saling mengisi. Sehingga diharapkan LK dapat berperan dengan optimal tidak sekedar menjadi kuda tunggangan, ataupun tempat jual beli kegiatan.

Saya memprediksikan bahwa pada kesempatan mendatang LK akan menjadi tak ubahnya seperti kepanitiaan besar yang  melulu membuat beragam kegiatan dengan dalih mahasiswa membutuhkan refresing selama trimester. Bukannya saya menakut-nakuti tetapi memang demikian adanya kecenderungan untuk saat ini, anda bisa menilai tanpa harus berpikir panjang.

Menyinggung tentang program kegiatan yang telah anda rencanakan, janganlah terlalu dikawtirkan. Mekanisme penyeleksian kegiatan telah ada sejak dulu, hanya saja kebetulan pada kesempatan terakhir sedikit ada perkecualian. Mekanisme kompetitif tersebut dimaksudkan agar kawan-kawan sekalian semakin produktif dan progresif tidak asal bikin kegiatan. Selain dari pada itu dalam sistem pendidikan yang sekarang kuranglah tepat jika anda tetap terpaku pada banyaknya kegiatan, marilah dengan kegiatan yang kita bikin tidak hanya sekedar memenuhi poin tetapio juga dapat turut memberi warna dalam tiap lulusan.

Mengenai konsep penyelenggaraan LK secara menyeluruh, juga janganlah terlalu dikawatirkan, karena terkadang kurangnya informasi yang diterima membuat kita takut membuka diri terhada perubahan. Dalam sejarahnya perubahan penyelenggaraan LK banyak dipengaruhi oleh faktor luar, namun demikian untuk kondisi sekarang ini justru faktor dari dalamlah yang berpengaruh, seperti : sitem pendidikan trimester, jumlah fakultas dan mahasiswa yang bertambah, serta minimnya sarana umum yang biasa diggunakan oleh mahasiswa(LK).

Demikianlah beberapa hal yang patut kita renungkan bersama mengenai kondisi terkini, masih banyak lagi yang dapat kita sharingkan bersama, tentunya jika kita masing-masing mau menyediakan waktu. Akhir kata “Akhir kata selamat berjuang kawan, ataukah kita menunggu orang lain untuk memeperjuangkan nasib kita ?.

Salatiga, 19 Mei 2004

 

Slamet Haryono

***

Untuk lebih lengkap dapat download tentang Master Plan LK UKSW dan Alur Pembentukan LK UKSW serta Lampiran 1-3 berisi tentang diagram dan lebih lanjut tentang Master Plan LK UKSW.

About Slamet Haryono

Hak cipta dilindungi oleh YANG MAHA PENCIPTA. Silahkan dibaca, mengutip sebagian atau keseluruhan dari setiap tulisan dalam blog ini untuk tujuan non komersial wajib menyertakan sumber dan nama penulis secara lengkap, serta digunakan dengan penuh tanggungjawab. Sedangkan untuk tujuan komersial silahkan hubungi saya melalui slamethdotkom@yahoo.com

Posted on May 19, 2004, in Materi Pelatihan and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: